Oleh: @ziatuwel
Tempo hari telah digelar peringatan haul ke-5 almarhum simbah Kiai Zainal Abidin, putra hadratussyaikh Kiai Muhammad Munawwir Krapyak. Beliau sosok ulama langka di zamannya, hal ini diakui oleh banyak orang, terutama berkaitan dengan kesederhanaannya.
Aku tak menangi mulazamah dengan beliau, tak seperti santri Ma'had 'Aly atau komplek AB yang mungkin sering berinteraksi dengan beliau. Tapi sebagai santri Krapyak, setidaknya ada hal-hal khas yang kulihat dan kudengar tentang beliau. Semua itu kurasa penting untuk dicatat sebagai pengikat ingatan.
Berikut ini beberapa hal yang masih kuingat tentang Mbah Zainal, baik yang kusaksikan langsung maupun yang kudengar dari beberapa riwayat. Allahumma irkhamhu wa irkhamna bi dzikrihi.
A. Mbah Zainal yang Kulihat;
1. Cara berjalan beliau santai dan tenang. Lurus tidak tolah-toleh.
2. Beliau menjadi imam tunggal masjid pesantren selama hidup, kecuali isya dan tarawih di bulan Ramadan.
3. Setiap khotbah Jumat selalu sangat singkat. Biasanya berbahasa Jawa atau Indonesia di khotbah pertama, kali lain di khotbah kedua. Pertama kali Jumatan di Krapyak, kusaksikan khotbah beliau hanya; "Air ada yang suci mensucikan, ada yang suci tidak mensucikan."
4. Setiap mengimami jamaah rawatib jahr (maghrib, isya, subuh), beliau selalu baca surat al-Kafirun di rakaat pertama dan al-Ikhlas di rakaat kedua setelah fatihah.
5. Bakda wiridan Subuh, beliau selalu i'tikaf sampai terbit dengan posisi duduk tawarruk.
6. Sebelum beranjak dari mihrab saat terbit, beliau selalu melakukan sujud syukur.
7. Posisi sorban beliau disampirkan di kedua pundak, menutupi seluruh pundak dan sebagian lengan bagian atas.
8. Pernah suatu kali beliau membalikkan sorban, dan kulihat ternyata sorban yang selalu beliau pakai itu ada yang sobek.
9. Selalu memakai jubah saat mengimami shalat jumat. Konon itu jubah peninggalan Mbah Kiai Munawwir.
10. Setiap mengimami shalat Jumat selalu membaca tujuh ayat terakhir surat al-Hasyr yang dibagi untuk dua rakaat.
11. Kalimat wasiat takwa dalam khotbah memakai redaksi "uushiinii nafsii wa iyyaakum bi taqwallaah (aku berwasiat untuk diriku sendiri dan anda sekalian untk bertakwa kepada Allah) bukan "uushiikum wa iyyaaya bi taqwallaah".
12. Ketika konbes NU di Krapyak, bersama Mbah Sahal, beliau menyampaikan bahwa Islam sangat memperhatikan seluruh aspek kehidupan, bahkan urusan sandal hingga masuk kamar mandi saja diatur, apalagi tata negara.
13. Beliau kerap memakai istilah 'sembrono' untuk pelaku pelanggaran syariat.
14. Ketika hujan deras, kulihat beliau menggulung karpet masjid yang dekat dengan teras agar tidak basah.
15. Beliau kulihat memberesi dingklik (tatakan kecil untuk nderes Quran) jika berserakan saat hendak jamaah.
16. Pernah seusai jamaah sandal beliau hilang, lalu pulang jalan kaki ke ndalem tanpa sandal, tidak mau pakai sandal lain yang ditawarkan santri.
17. Suara beliau ketika mengaji atau berceramah relatif lirih. Beliau bukan tipe kiai mimbar atau dai podium.
18. Tiap bulan Ramadan, bakda Subuh beliau menggelar pengajian umum di masjid. Membacakan kitab as-Shiyam dan As-Shaghair wal Kabair karya beliau sendiri.
19. Beliau tidak menggunakan patokan bilangan saat zikir tahlil. Baik ketika wirid Subuh maupun mujahadah malam Jumat.
20. Tubuh beliau kurus, bahkan terkesan lemah. Tangan beliau lembut dan sejuk saat disungkemi.
21. Seusai shalat jamaah, beliau berdiri di depan mimbar untuk bersalaman dengan santri dan jamaah. Apalagi setelah shalat Jumat, antriannya panjang mengular.
B. Mbah Zainal yang Kudengar;
1. Beliau tidak suka dengan patung. Tiap kali melewati Jalan Magelang yang penuh karya para perajin patung, beliau memejamkan mata. Pernah juga beliau meminta perajin patung dekat pesantren untuk menutupi studionya agar tak kelihatan dari jalan. Bahkan patung ornamen di kue pernikahan buatan istri beliaupun dihilangkan. (Riwayat Gus Yahya Staquf)
2. Berlaku hidup sederhana. Hanya ada dua setel pakaian di lemari beliau. Jika ada yang menvhadiahi baru, maka yang lama diberikan ke orang lain. Dahulu beliau menafkahi keluarga dengan telur bebek. Pernah menjadi anggota DPRD Yogyakarta, namun tak pernah mengambil gajinya. Setiap berangkat ke kantor selalu menaiki sepeda onthel. Beliau kerap memperbaiki segala perkakas rumah tangga dengan tangannya sendiri, alias nukang. Ketika hendak berangkat haji, semua perkakas yang kayunya berasal dari pondok dikembalikan ke pondok. Semua barang pinjaman pun dikembalikan ke pemiliknya. (Riwayat Pak Kiai Awing)
3. Mbah Zainal tidak kerso diamplopi (yang tentu saja berisi uang). Pernah ada temannya yang mengamplopi dengan cara memberi beliau kitab, dan amplop berisi uang diselipkan di dalam kitab tersebut. Semua amplop yang terlanjur diterima, tidak pernah beliau buka. Ketika beliau wafat, di lemari beliau ditemukan kotak berisi amplop-amplop pemberian orang. Setelah dihitung, jumlahnya sekitar 15 juta yang kemudian digunakan untuk keperluan masjid. (Riwayat Pak Supri)
4. Beliau istiqomah mengajar. Bahkan jika tidak ada santri yang masuk pun beliau tetap masuk kelas sekedar untuk membacakan Fatihah. (Riwayat Kang Tahrir)
5. Meskipun bukan dai podium, beliau aktif berdakwah dengan caranya sendiri. Beliau aktif mengutus para dai yang notabene santri senior ke penjara-penjara untuk membimbing para napi, serta untuk menghalau Kristenisasi di daerah-daerah terpencil Yogyakarta. (Riwayat Pak As'ad)
6. Pernah ada orang sakti lagi dermawan yang mengaku Tuhan di daerah Gunungkidul. Kabar ini sampai ke telinga Mbah Zainal. Beliau mendatangi orang itu, lalu menyuruhnya bertobat, seketika orang itu langsung lemas lumpuh. Padahal tidak diapa-apakan. Beberapa hari kemudian orang itu sowan ke Krapyak, minta disyahadatkan Mbah Zainal. Beberapa hari selanjutnya orang itu meninggal. (Riwayat Pak As'ad)
7. Beliau sangat tegas pada prinsip. Telah masyhur kisah beliau yang menyuruh santri menebang pohon cemara di samping masjid pondok, sebab pohon itu identik dengan perayaan natal umat Kristiani. Meskipun rencana tersebut disanggah oleh kakak ipar beliau, Mbah Kiai Ali Maksum. Beliau juga selalu menunduk saat melihat tiang listrik atau apapun yang berbentuk salib. (Riwayat Gus Yahya)
Demikian beberapa hal yang masih kuingat tentang Mbah Zainal. Catatan ini akan terus kusunting jika ada tambahan kisah tentang beliau dari para santri lainnya. Rahimahullah wa rahimana bihi.
___
Salatiga, 29 Januari 2019
Tempo hari telah digelar peringatan haul ke-5 almarhum simbah Kiai Zainal Abidin, putra hadratussyaikh Kiai Muhammad Munawwir Krapyak. Beliau sosok ulama langka di zamannya, hal ini diakui oleh banyak orang, terutama berkaitan dengan kesederhanaannya.
Aku tak menangi mulazamah dengan beliau, tak seperti santri Ma'had 'Aly atau komplek AB yang mungkin sering berinteraksi dengan beliau. Tapi sebagai santri Krapyak, setidaknya ada hal-hal khas yang kulihat dan kudengar tentang beliau. Semua itu kurasa penting untuk dicatat sebagai pengikat ingatan.
Berikut ini beberapa hal yang masih kuingat tentang Mbah Zainal, baik yang kusaksikan langsung maupun yang kudengar dari beberapa riwayat. Allahumma irkhamhu wa irkhamna bi dzikrihi.
A. Mbah Zainal yang Kulihat;
1. Cara berjalan beliau santai dan tenang. Lurus tidak tolah-toleh.
2. Beliau menjadi imam tunggal masjid pesantren selama hidup, kecuali isya dan tarawih di bulan Ramadan.
3. Setiap khotbah Jumat selalu sangat singkat. Biasanya berbahasa Jawa atau Indonesia di khotbah pertama, kali lain di khotbah kedua. Pertama kali Jumatan di Krapyak, kusaksikan khotbah beliau hanya; "Air ada yang suci mensucikan, ada yang suci tidak mensucikan."
4. Setiap mengimami jamaah rawatib jahr (maghrib, isya, subuh), beliau selalu baca surat al-Kafirun di rakaat pertama dan al-Ikhlas di rakaat kedua setelah fatihah.
5. Bakda wiridan Subuh, beliau selalu i'tikaf sampai terbit dengan posisi duduk tawarruk.
6. Sebelum beranjak dari mihrab saat terbit, beliau selalu melakukan sujud syukur.
7. Posisi sorban beliau disampirkan di kedua pundak, menutupi seluruh pundak dan sebagian lengan bagian atas.
8. Pernah suatu kali beliau membalikkan sorban, dan kulihat ternyata sorban yang selalu beliau pakai itu ada yang sobek.
9. Selalu memakai jubah saat mengimami shalat jumat. Konon itu jubah peninggalan Mbah Kiai Munawwir.
10. Setiap mengimami shalat Jumat selalu membaca tujuh ayat terakhir surat al-Hasyr yang dibagi untuk dua rakaat.
11. Kalimat wasiat takwa dalam khotbah memakai redaksi "uushiinii nafsii wa iyyaakum bi taqwallaah (aku berwasiat untuk diriku sendiri dan anda sekalian untk bertakwa kepada Allah) bukan "uushiikum wa iyyaaya bi taqwallaah".
12. Ketika konbes NU di Krapyak, bersama Mbah Sahal, beliau menyampaikan bahwa Islam sangat memperhatikan seluruh aspek kehidupan, bahkan urusan sandal hingga masuk kamar mandi saja diatur, apalagi tata negara.
13. Beliau kerap memakai istilah 'sembrono' untuk pelaku pelanggaran syariat.
14. Ketika hujan deras, kulihat beliau menggulung karpet masjid yang dekat dengan teras agar tidak basah.
15. Beliau kulihat memberesi dingklik (tatakan kecil untuk nderes Quran) jika berserakan saat hendak jamaah.
16. Pernah seusai jamaah sandal beliau hilang, lalu pulang jalan kaki ke ndalem tanpa sandal, tidak mau pakai sandal lain yang ditawarkan santri.
17. Suara beliau ketika mengaji atau berceramah relatif lirih. Beliau bukan tipe kiai mimbar atau dai podium.
18. Tiap bulan Ramadan, bakda Subuh beliau menggelar pengajian umum di masjid. Membacakan kitab as-Shiyam dan As-Shaghair wal Kabair karya beliau sendiri.
19. Beliau tidak menggunakan patokan bilangan saat zikir tahlil. Baik ketika wirid Subuh maupun mujahadah malam Jumat.
20. Tubuh beliau kurus, bahkan terkesan lemah. Tangan beliau lembut dan sejuk saat disungkemi.
21. Seusai shalat jamaah, beliau berdiri di depan mimbar untuk bersalaman dengan santri dan jamaah. Apalagi setelah shalat Jumat, antriannya panjang mengular.
B. Mbah Zainal yang Kudengar;
1. Beliau tidak suka dengan patung. Tiap kali melewati Jalan Magelang yang penuh karya para perajin patung, beliau memejamkan mata. Pernah juga beliau meminta perajin patung dekat pesantren untuk menutupi studionya agar tak kelihatan dari jalan. Bahkan patung ornamen di kue pernikahan buatan istri beliaupun dihilangkan. (Riwayat Gus Yahya Staquf)
2. Berlaku hidup sederhana. Hanya ada dua setel pakaian di lemari beliau. Jika ada yang menvhadiahi baru, maka yang lama diberikan ke orang lain. Dahulu beliau menafkahi keluarga dengan telur bebek. Pernah menjadi anggota DPRD Yogyakarta, namun tak pernah mengambil gajinya. Setiap berangkat ke kantor selalu menaiki sepeda onthel. Beliau kerap memperbaiki segala perkakas rumah tangga dengan tangannya sendiri, alias nukang. Ketika hendak berangkat haji, semua perkakas yang kayunya berasal dari pondok dikembalikan ke pondok. Semua barang pinjaman pun dikembalikan ke pemiliknya. (Riwayat Pak Kiai Awing)
3. Mbah Zainal tidak kerso diamplopi (yang tentu saja berisi uang). Pernah ada temannya yang mengamplopi dengan cara memberi beliau kitab, dan amplop berisi uang diselipkan di dalam kitab tersebut. Semua amplop yang terlanjur diterima, tidak pernah beliau buka. Ketika beliau wafat, di lemari beliau ditemukan kotak berisi amplop-amplop pemberian orang. Setelah dihitung, jumlahnya sekitar 15 juta yang kemudian digunakan untuk keperluan masjid. (Riwayat Pak Supri)
4. Beliau istiqomah mengajar. Bahkan jika tidak ada santri yang masuk pun beliau tetap masuk kelas sekedar untuk membacakan Fatihah. (Riwayat Kang Tahrir)
5. Meskipun bukan dai podium, beliau aktif berdakwah dengan caranya sendiri. Beliau aktif mengutus para dai yang notabene santri senior ke penjara-penjara untuk membimbing para napi, serta untuk menghalau Kristenisasi di daerah-daerah terpencil Yogyakarta. (Riwayat Pak As'ad)
6. Pernah ada orang sakti lagi dermawan yang mengaku Tuhan di daerah Gunungkidul. Kabar ini sampai ke telinga Mbah Zainal. Beliau mendatangi orang itu, lalu menyuruhnya bertobat, seketika orang itu langsung lemas lumpuh. Padahal tidak diapa-apakan. Beberapa hari kemudian orang itu sowan ke Krapyak, minta disyahadatkan Mbah Zainal. Beberapa hari selanjutnya orang itu meninggal. (Riwayat Pak As'ad)
7. Beliau sangat tegas pada prinsip. Telah masyhur kisah beliau yang menyuruh santri menebang pohon cemara di samping masjid pondok, sebab pohon itu identik dengan perayaan natal umat Kristiani. Meskipun rencana tersebut disanggah oleh kakak ipar beliau, Mbah Kiai Ali Maksum. Beliau juga selalu menunduk saat melihat tiang listrik atau apapun yang berbentuk salib. (Riwayat Gus Yahya)
Demikian beberapa hal yang masih kuingat tentang Mbah Zainal. Catatan ini akan terus kusunting jika ada tambahan kisah tentang beliau dari para santri lainnya. Rahimahullah wa rahimana bihi.
___
Salatiga, 29 Januari 2019
nyimak
ReplyDelete