Tiga Prioritas Santri Bocah

Adik-adik, sebagai santri, apa sih tugas utama kalian selama di pesantren? Ada tiga hal yang jadi prioritas kalian.


Pertama, MENGAJI. Yaitu yang utama ngaji keimanan, mengenal siapa Gusti Allah, dan siapa Nabi Muhammad. Lalu ngaji Quran, bagaimana membacanya dengan baik dan benar. Juga ngaji tata cara ibadah, bagaimana cara bersuci, shalat, puasa, dan lain sebagainya. Ngaji keimanan, Quran, dan tata cara ibadah ini sangat penting, biar jadi bekal hidup kalian kelak sampai tua.


Kedua, BERJAMAAH. Ya jamaah shalat, ya jamaah roan, ya jamaah mayoran, ya jamaah berkehidupan. Pembiasaan hidup berjamaah di pondok ini akan jadi pelajaran yang amat mahal, untuk bekal kalian kelak saat bermasyarakat. Gotong royong dan saling membantu adalah budaya baik yang harus dibiasakan sejak dini.


Ketiga, BERADAB. Ya adab kepada guru, kepada orang tua, kepada lingkungan, dan kepada teman. Menghormati teman-teman yang lebih tua, mengasihi teman-teman yang lebih muda. Bicara yang halus kepada guru dan orang tua, jangan membentak. Menyapa dan salim kalau ketemu guru di jalan. Ucap permisi kalau lewat di depan orang. Buang sampah di tempatnya, matikan keran kalau sudah dipakai. Adab inilah yang jadi puncaknya. Kalian sregep ngaji atau rajin jamaah, tapi nggak beradab ya percuma.


Itulah tiga tugas utama sebagai santri. Santri kok nggak ngaji, santri kok nggak jamaah, santri kok nggak beradab. Ya bukan santri namanya. Tiga hal ini jadi prioritas kalian, hal lain silakan kalian kembangkan sesuai minat dan bakat. Kalau suka pencak, ada Pagar Nusa. Yang suka baca, manfaatkan perpustakaan. Yang suka terbangan, ikut hadrohan. Yang suka bertualang bisa ikut pramuka. Kembangkan kesukaan kalian, asalkan tiga tugas itu jangan sampai dilalaikan.


Ingat-ingat: Ngaji. Jamaah. Beradab.


__

Tuwel, 19 Juli 2019



*disampaikan di momen pembukaan perkemahan santri baru SMP NU 01 Berbasis Pesantren Nurul Hikmah, Bojong.

**tiga poin ini merupakan penyederhanaan praktis dari Iman (ngaji), Islam (jamaah), dan Ihsan (adab).

***tiga poin ini diperuntukkan bagi santri bocah, adapun santri dewasa poinnya adalah: ngaji, riyadhah, khidmah.

1 Comments

Sebelumnya Selanjutnya